SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MINHAJUL HAQ PURWAKARTA

       Integrasi sistem pendidikan menjadi ciri khas sistem pendidikan di Pesantren Minhajul Haq (MH) Purwakarta. Dalam aplikasinya, sistem Pendidikan Pesantren Minhajul Haq terbagi menjadi 3 antarlain: Sistem Pendidikan Pengajaran, Sistem Pendidikan Pengasuhan dan Sistem Pendidikan Kesantrian.

1. Sistem Pengajaran

        Sitem Pengajaran merujuk pada jalur pendidikan yang memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan tingkat dan kualitas intelektual santri Pesantren Minhajul Haq (MH) Purwakarta. Aktualisasi kegiatan yang dikembangkan pada aspek pengajaran, dilakukan dalam bentuk kegiatan-kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. Kedua pola kegiatan tersebut, dilakukan secara terprogram dan dipandu langsung oleh tenaga pengajar yang secara 24 jam tinggal dilingkungan pesantren. Kegiatan intrakurikuler adalah proses belajar-mengajar yang pada umumnya dilakukan dalam bentuk in-class session program. Secara umum, muatan materi yang diberikan adalah materi pelajaran yang mengkolaborasikan antara kurikulum pesantren, kurikulum Kementerian Agama (Madrasah Tsanawiyah). Dengan masa pendidikan 3 tahun untuk lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Reguler dan Tahfidz. Pada jenjang Madrasah Aliyah (MA), terdapat beberapa pilhan in-class session program yaitu: Madrasah Aliyah (MA) dengan jurusan Bahasa dan Dirosah Islamiyah. Berikut adalah daftar mata pelajaran in class session program pada jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

a. Daftar Mata Pelajaran Madrasah Tsanawiyah (MTs)

b. Daftar Mata Pelajaran Madrasah Aliyah (MA)

 

2. Sistem Pendidikan Pengasuhan

       Sistem Pendidikan Pengasuhan menitikberatkan pada pengawasan kehidupan santri di lingkungan asrama selama 24-jam sehari, 7 hari sepekan. Agenda dan program yang disediakan oleh Pesantren Minhajul Haq Purwakarta ditujukan untuk mengadakan perwalian dan pengasuhan terhadap santri dalam berbagai aspek, mulai dari aspek etika (al-Akhlaq al-Karîmah), aspek kepribadian (personalitas), sikap, dan juga perilaku. Agenda dan program yang diberikan kepada santri pada aspek pengasuhan dimaksudkan untuk memberikan pembinaan dan pengembangan kepada santri dari aspek afektif (etika) dan psikomotorik (daya dorong untuk maju dan berkembang melalui bakat dan kemampuan santri masing-masing). Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk-bentuk:

  1. Disiplin Ritual `ubudiah;
  2. Disiplin Kehidupan Keseharian;
  3. Pendidikan Manejemen Kepemimpinan;
  4. Pengembangan minat dan bakat.