Pesantren Minhajul Haq Purwakarta menyelenggarakan kurikulum yang memadukan Bidang Studi Umum (Kurikulum yang dibuat oleh Kementrian Agama), dan Bidang Studi Agama (Kurikulum Pesantren) dalam satu sistem yang terpadu. Kurikulum yang diselenggarakan di Pesantren Minhajul Haq Purwakarta terbagi atas Kurikulum IntrakurikulerKo-Kurikuler dan Ekstrakurikuler

1. Kurikulum Intrakulikuler

      Kegiatan intrakurikuler adalah proses belajar-mengajar yang pada umumnya dilakukan dalam bentuk in-class session program, di mana tenaga pengajar terlibat secara langsung dengan sistem klasikal. Secara umum, muatan materi yang diberikan adalah materi pelajaran yang mengkolaborasikan antara Kurikulum Pesantren dan Kurikulum Departemen Agama. Dengan masa pendidikan 3 tahun untuk lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 3 tahun untuk Madrasah Aliyah (MA) terdapat beberapa pilihan in-class session program yaitu:

  1. Madrasah Tsanawiyah (MTs): Kelas Reguler dan Kelas Tahfidz
  2. Madrasah Aliyah (MA): Kelas Reguler dan Kelas Tahfidz

      Dalam perjalanannya, kurikulum Pesantren Minhajul Haq Purwakarta senantiasa mengikuti dan mengadaptasikan diri dengan perkembangan kurikulum nasional, seperti telah dilaksanakannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

2. Kurikulum Ko-Kurikuler

Kegiatan Kokurikuler merupakan kegiatan tambahan santri (muatan lokal) yang wajib diikuti, meski tidak mesti berada di dalam kelas. Berikut ini adalah beberapa kurikulum kokurikuler:

  1. Kegiatan Latihan Pidato dalam Tiga Bahasa–Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia (dinamakan muhâdharah). Khusus untuk kelas akhir, juga diperkenalkan kegiatan latihan presentasi
  2. Pembinaan Pembacaan dan Penghafalan al-Quran
  3. Disiplin dalam penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.
  4. Organisasi Santri Intra Sekolah, dalam nama Khidamul Ma’had (HIKAM) dengan segala programnya–Kepramukaan, Keputrian, dan ekstrakurikuler sebagai pendidikan dasar kepemimpinan.
  5. Disiplin Hidup
  6. Disiplin dalam melaksanakan ritual `ubudiah mahdhah’
3. Kurikulum Ekstrakulikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dalam bentuk off-class session, meski juga melibatkan guru ataupun pelatih. Kegiatan ini berupaya untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat santri dalam berbagai bidang. Para santri bisa memilih kegiatan ekstrakurikuler mereka dengan tidak mengesampingkan tugas utamanya yakni belajar dalam kegiatan intrakurikuler dan juga kokurikuler. Berikut ini adalah beberapa kegiatan ekstrakurikuler di Pesantren Minhajul Haq Purwakarta:

  1. Diskusi dan Penelitian Ilmiah, dalam sebuah organisasi “Scince Club”
  2. Pengembangan Olahraga, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi sesuai dengan bakat dan minat santri, membentuk perserta didik ang kuat jasmani dan rohani serta menanamkan nilai-nilai sportivitas dalam olah raga yang diselenggarakan di Pondok Pesantren. Beberapa olah raga yang tersedia di Pesantren antara lain: Sepak Bola, Bola Basket, Futsal, Badminton dan Volly
  3. Pengembangan Seni Beladiri
  4. Jurnalistik dan Publikasi
  5. Pengembangan Bahasa Asing
  6. Teknologi Komputer Dan Jaringan